PELANTIKAN 72 PENGGALANG RAMU


Sabtu, 3 Maret 2018 Berkat ketekunan dalam berlatih dan sungguh-sungguh dalam menempuh SKU Ramu, sebanyak 72 anggota Paspraguneda akhirnya dilantik menjadi Penggalang Ramu. Merupakan suatu kebanggaan ketika telah menyelesaikan SKU Ramu dan dilantik.
Tidak hanya bagi peserta didik namun juga bagi Kakak Pembina. Apalagi adik-adik yang dilantik tersebut benar-benar telah aktif ikut latihan dan menempuh ujian SKU. 

Ujian SKU ada beberapa tahap. Tahap pertama ujian tulis dengan mengerjakan 30 soal yang sesuai dengan SKU Penggalang Ramu. Tahap kedua ujian praktik. Ujian praktik ini ada dua macam. Pertama secara tidak langsung, yaitu ketika adik-adik melakukan praktik ketika latihan selalu diamati oleh Kakak Pembina dan Dewan Galang. Kedua, melalui tes praktik secara langsung. Untuk tes secara langsung adalah tes praktik penjernihan air dan tes menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu daerah. Sedangkan tes semaphore, morse, tali-temali dilakukan secara tidak langsung.

Pelantikan dilaksanakan bersamaan dengan acara latihan rutin yang diikuti sekitar 300 peserta anggota Praspraguneda dan di depan kakak-kakak pembina pendamping. Dengan penuh rasa percaya diri 72 anggota Paspraguneda tersebut mengucapkan janji Tri Satya. Selesai pengucapan janji barulah disematkan tanda Ramu. Dalam sambutannya Kak Wahyudi menyampaikan bahwa penjahitan tanda Ramu di lengan harus dilakukan sendiri tanpa minta bantuan orang lain sebagai bentuk rasa tanggung jawab. Penggalang Ramu bukanlah akhir dari tujuan latihan rutin tetapi haruslah dilanjutkan dengan menempuh SKU Rakit. 

Selamat kepada adik-adik yang baru dilantik menjadi Penggalang Ramu. Teruslah berlatih dan lanjutkan menempuh SKU Penggalang Rakit. Biasa-biasa saja tapi Bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar