PANGGILAN REGU, YELL REGU, DAN LAGU REGU

Minggu, 5 Juli 2020
Tetap jaga semangatnya adik-adik Paspraguneda. Jaga kesehatan agar senantiasa dapat melaksanakan kegiatan seperti biasanya. Ikuti anjuran Fisical Distancing, memakai masker jika keluar rumah, dan tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.  

Agar semangat kebersamaan tetap terjaga meski jarang bersua, maka untuk mengawali kegiatan Latihan Mandiri Online berikut kakak sampaikan materi tentang pembuatan Panggilang Regu, Yell Regu, dan Lagu Regu. Sepertinya ketiga hal tersebut hampir sama ya adik-adik. Namun tetap ada beberapa perbedaan. Maka marilah kita coba untuk membuatnya bersama-sama.

Panggilan Regu
Panggilan Regu merupakan bentuk cara mengumpulkan anggota regu dengan sebuah panggilan yang disampaikan oleh Pinru. Panggilan ini hanya bisa dimengerti oleh regu yang bersangkutan, sedangkan regu lainnya tidak akan mengerti. Karena regu lainnya juga memiliki panggilan regu sendiri. Tidak jauh beda dengan nama kalian. Bukankah kalian juga memiliki nama yang berbeda-beda. Apa yang akan kalian lakukan jika nama kalian dipanggil seseorang? Tentunya akan segera membalas panggilan tersebut. Demikian juga dengan Panggilan Regu. Jika regu kalian dipanggil oleh Pinru maka serentak seluruh anggota regu akan menyambutnya.

Contoh Panggilan Regu Rajawali:
Pinru memanggil regunya: "Rajawali!"
Seluruh anggota secara serentak menjawab: "Perkasa mengarungi angkasa!"
Kemudian satu persatu anggota regu berbaris di depan Pinru sambil meneriakkan: "Rajawali 1, siap!"
Disusul anggota kedua, "Rajawali 2, siap!"
Begitu seterusnya sampai wakil pinru berbaris di paling belakang dengan meneriakkan "Rajawali ... (sesuai jumlah anggota regu)". Jika anggota regu 7 orang, maka wakil pinru meneriakkan, "Rajawali 7, siap!"

Yell Regu
Berbeda dengan Panggilan Regu, Yell Regu memiliki fungsi untuk meningkatkan semangat regu dalam berlatih. Menjaga kekompakan regu dan keakraban regu. Melalui Yell Regu diharapkan seluruh anggota regu bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan yang sedang dilaksanakan. Yell Regu berbentuk teriakan pinru dan anggota yang dilaksanakan secara bergantian. Kesannya Pinru memberi motivasi anggotanya dan anggotanya menyambut motivasi tersebut dengan lebih bersemangat.

Contoh Yell Regu Mawar:
Pinru: "Siapa kita???!"
Seluruh anggota regu: "Regu Mawar!"
Pinru: "Mawar merah!"
Seluruh anggota regu: "Membara semangat tiada tara!"
Pintu: "Tunjukkan semangatmu!"
Seluruh anggota Regu: "Mawar Jaya, jiwa pramuka membara, siap mengabdi untuk bangsa!" (boleh diiringi dengan gerakan tangan/kaki)
Pinru: "Mawar Berani!"
Seluruh anggota regu: "Berani, berbakti, mengabdi, sepenuh hati!"
Diakhiri dengan tepuk Pramuka oleh seluruh anggota regu


Lagu Regu
Lagu Regu merupakan sebuah lagu yang dibuat untuk memberikan semangat kepada seluruh anggota regu dalam melaksanakan setiap kegiatan. Lagu Regu biasanya dinyanyikan ketika melaksanakan kegiatan penjelajahan, persami, dan lain-lain. Lagu Regu berisi tentang semangat regu dan tujuan dari regu tersebut. Lagu regu boleh dinyanyikan sambil melakukan gerakan tepuk, diiringi musik, dan lain-lain. Sangat baik jika lirik, notasi, dan aransemen dibuat sendiri oleh regu tersebut. Tetapi jika tidak memungkinkan, boleh menggubah lagu yang menarik kemudian syairnya yang diubah sesuai dengan regunya.

Contoh Lagu Regu Kancil:
Kancil yang dulu bukanlah yang sekarang
Kancil sekarang selalu ingin menang
Menang menang setiap perlombaan
Selalu menjadi pejuang

Latihan selalu aku lakukan
Dari siang hingga sampai petang
Demi untuk mengejar harapan
Masa depan yang semakin gemilang
(Nada seperti lagu "Aku yang dulu bukanlah yang sekarang")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar