CARING SCOUT RESCUE TRAINING 2018 KWARCAB KAB KEDIRI

Kamis, 1 November 2018 
Minggu, 28 Oktober 2018 kami anggota PASPRAGUNEDA mengikuti Kemah Pramuka Peduli selama 3 hari. Kegiatan tersebut bertempat di lapangan Desa Turus, sehingga secara tidak langsung PASPRAGUNEDA menjadi tuan rumah. Kemah dengan label Caring Scout Rescue Training 2018 diikuti oleh kurang lebih 420 Penggalang SMP maupun MTs se-Kab. Kediri.


Minggu pagi pukul 06.00 seluruh anggota PASPRAGUNEDA yang ikut kegiatan sudah berkumpul di sekolah untuk menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan dan membawanya ke lapangan. Dilanjutkan dengan mendirikan tenda, gapura, pagar batas wilayah regu dan memajang majalah dinding.

Upacara pembukaan Caring Scout Rescue Training 2018 dilaksanakan pada pukul 15.00. Semua regu berkumpul di lapangan dan berbaris sesuai dengan regunya masing-masing. Sebagai pembina upacara adalah Kak Mujahid (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri). Dalam sambutannya beliau berpesan agar seluruh anggota Pramuka menjadi pribadi yang peduli lingkungan. Hal tersebut karena banyaknya hutan yang mulai gundul. Air tanah mulai berkurang. Bahaya asap juga mengancam. Melalui kegiatan Pramuka Peduli diharapkan permasalahan lingkungan tersebut dapat diselesaikan. Beliau juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri yang telah mewadahi generasi muda untuk cinta alam dan lingkungan sekitarnya.

Malam pertama disambut dengan pentas seni dari masing-masing regu untuk mewakili sekolahnya. Paspraguneda menampilkan Tari Panji Anom yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari peserta kegiatan. Bermacam pentas seni ditampilkan pada malam ini. Tidak hanya tari-tarian tetapi juga stand-up, step-dance, bernyanyi dan lain-lain. Sangat seru kegiatan pembuka pada malam tersebut. Acara dilanjutkan dengan giat pribadi yaitu sholat dan istirahat.

Keesokan harinya sebelum melakukan kegiatan Pramuka Peduli lainnya semua peserta diharapkan sudah mandi dan sembahyang terlebih dahulu. Pada pukul 05.30 semua peserta harus sudah berkumpul di lapangan untuk senam pagi. Usai senam diwajibkan untuk sarapan karena kegiatan berikutnya sangat padat.

Kegiatan berikutnya adalah materi yang disampaikan oleh Kakak Pembina dari Pramuka Peduli Kwarcab Kediri sesuai kelompok yang telah ditentukan. Materi yang diberikan antara lain: Olah Limbah dan Bhakti Sosial (Kak Sintia), materi kepemimpinan dan pertolongan pertama pada bencana oleh Kak Khusnun. Setelah menerima materi dari Pembina, sore harinya semua anggota regu mandi, sembahyang dan membersihkan sekitar tendanya masing-masing.

Malam kedua acaranya adalah malam keakraban sekaligus malam perpisahan. Malam perpisahan diisi oleh pertunjukan seni dari kakak Pembina. Termasuk dihibur oleh Kak Nur Yahya (Sekretaris Kwarcab Kediri) yang malam itu menyempatkan hadir bersama istri. Beliau menyumbangkan beberapa lagu. Dilanjutkan dengan pentas band yang diisi oleh Kakak-kakak Panitia. Setelah acara pentas seni dari kakak Panitia, semua anggota regu membentuk lingkaran sambil begandengan tangan dan bernyanyi “CINTA SEBATAS PATOK TENDA” sebagai tanda perpisahan. Kemudian dilanjutkan dengan saling berjabat tangandengan anggota regu lain dan kakak Panitia.

Keesokan harinya adalah hari terakhir acara kemah pramuka peduli. Seperti hari kemarin di pagi hari sebelum melakukan kegiatan semua anggota diwajibkan untuk mandi, sembahyang dan sarapan. Setelah sarapan pada pukul 07.00 semua anggota regu berkumpul untuk melakukan kegiatan outbond. Kegiatan outbond dilanjutkan dengan bongkar tenda dan upacara penutupan.

“Saya senang sekali mengikuti kegiatan ini. Selain mendapat ilmu dan pengalaman baru saya juga mendapat banyak teman baru. Jika ada kegiatan seperti ini saya ingin ikut lagi,” kata Fiona salah satu peserta dari pangkalan Paspraguneda.

Secara terpisah Kak Wahyudi menyampaikan terima kasih kepada adik-adik Paspraguneda yang sukses mengikuti kegiatan sekaligus sebagai tuan rumah. Kak Wakyudi juga berpesan agar semua ilmu yang didapat selama kegiatan selanjutnya diteruskan kepada anggota Paspraguneda yang lain.

Penulis berita: FIONA CITRA DEWI
Foto: Tim Jurnalis Paspraguneda

FOTO-FOTO KEGIATAN CARING SCOUT RESCUE TRAINING 2018



























1 komentar:

  1. Sukses ya untuk kalian yg ikut kegiatan, selain tambah pengalaman juga tambah teman, jangan lupa bagi pengalamannya dengan teman Paspraguneda lainnya ..

    BalasHapus