PEMBUATAN TAMAN SEDERHANA MENGHIJAUKAN LINGKUNGAN

Jumat, 13 November 2020

Taman sederhana yang dibuat oleh adik-adik Paspraguneda merupakan salah satu tugas mandiri dan kelompok. Kegiatan ini bertujuan mengamalkan Dharma Pramuka ke-2 yaitu "Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia."

Pembuatan taman sederhana dimaksudkan untuk melatih anggota pramuka agar cinta alam dan lingkungan sekitar. Setiap anggota Kelas 7 minimal menanam dua jenis tanaman yang berbeda. Kelas 8 minimal menanam 4 jenis tanaman yang berbeda. Dan Kelas 9 menanam minimal 4 jenis tanaman yang berbeda serta menjelaskan nama dan manfaat tanaman tersebut.

Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari orang tua/wali murid. Beberapa wali murid menyampaikan terima kasih kepada kakak pembina karena putra/putrinya mendapat tugas membuat taman. Sehingga taman yang awalnya ala kadarnya sekarang bisa berubah menjadi lebih baik dan terawat.

Lebih lanjut Kak Kiptiyah menyampaikan bahwa tugas ini memberikan pemahaman kepada adik-adik tentang tanaman-tanaman yang memiliki khasiat/kegunaan tertentu. Ada tanaman yang bis digunakan pengobatan, untuk sayuran, maupun hanya sekedar untuk hiasan taman.

Taman sederhana tidak harus menggunakan pot yang mahal. Adik-adik dapat memanfaatkan kaleng cat, botol bekas minuman, dan lain-lain. Dengan demikian kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk pemanfaatan barang bekas menjadi berguna.

Setelah taman selesai dibuat, kewajiban berikutnya adalah memelihara taman tersebut tetap bersih dan rapi serta tanamannya dapat tumbuh dengan subur. Peserta didik harus mengirimkan foto-foto kegiatan ketika proses pembuatan taman sampai taman selesai.


Foto-foto kegiatan pembuatan taman sederhana: