PASPRAGUNEDA MEMPERINGATI MAULID NABI

Senin, 19 Nopember 2018
Pada hari ini, tepatnya hari Senin tanggal 19 November 2018 telah dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Paspraguneda (UPTD SMPN 2 Gurah). Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Nur Fitriani, Penggalang Rakit dari Kelas 8B.
Dilanjutkan dengan sambutan dari Bu Wahyu Widyaningsih selaku kepala sekolah. Dalam sambutannya beliau berpesan, "Anak-anak Guneda beda dari anak-anak lainnya. Anak Guneda mempunyai rasa berani yang lebih tinggi dan memiliki kemauan yang kuat untuk diajak maju bersama. Semoga kalian bisa mengikuti kegiatan dengan baik, dan semoga kalian mengambil hikmah dari acara ini."

Semua siswa-siswi UPTD SMPN 2 Gurah diharuskan untuk mengikuti acara ini. Acara utama dari peringatan ini adalah ceramah dari Ustad Hermanto beserta timnya. Beliau adalah Kepala Sekolah MMBS (Muhammadiyah Modern Boarding School) Plosoklaten Kab. Kediri. Dalam ceramahnya beliau mengatakan "Bahwa perempuan tidak sama dengan laki-laki. Harus ada jarak antara perempuan dengan yang laki-laki," ujarnya. Hal tersebut beliau sampaikan karena pada saat beliau berceramah peserta kegiatan duduknya bercampur antara yang lak-laki dan perempuan. Seanjutnya beliau meminta kepada Adetyano selaku Ketua OSIS untuk membuat sejarah baru di Paspraguneda dengan memisahkan peserta laki-laki dan perempuan. Tidak butuh waktu lama akhirnya terbentang jarak sekitar setengah meter antara laki-laki dan perempuan. Beliau juga berpesan agar kita terus belajar dan mengikuti ajaran Rasulullah. Sebab tantangan di masa mendatang lebih berat dari saat ini. Siswa jangan hanya bisa main gadget saja tetapi juga harus menguasai ilmu agama.

Selain berceramah, beliau juga memperkenalkan santri-santrinya untuk menampilkan kemahirannya. Ada yang dapat menirukan suara syekh imam Masjid Makkah. Ada yang menampilkan hafalan al-Qur'annya. Dan ada juga yang menampilkan ceramah dalam bahasa Arab. 

Setelah kegiatan ceramah, para siswa diberi waktu untuk makan bersama teman satu kelas masing-masing dari bekal yang dibawa dari rumah. Dilanjutkan dengan beberapa macam lomba, yaitu Lomba Shalawat Musik Kreatif, Lomba Kaligrafi, Lomba Bercerita Kisah Nabi Muhammad SAW, dan Lomba Adzan. Hal yang paling menarik dari kegiatan ini adalah saat lomba shalawat musik kreatif. Karena disini para siswa bisa menunjukkan kebolehannya dalam bershalawat, dan alat yang digunakan adalah alat musik tradisional. 

Peserta kegiatan merasa senang dengan kegiatan seperti ini. Menurut Risky Suryo Binanto dari kelas 9B, dia mengatakan, "Acara pertama hmm ... bagus, bagus. Pas ceramahnya yang kurang bagus karena mikrofonnya kadang nyambung dan kadang tidak, jadi suaranya kurang jelas. Aku ga denger tadi. Lanjut pas santri-santrinya tadi lumayan bagus dan menginspirasi."

Komentar lainnya dari Aime Pujja M.P siswa kelas 8A, "Hmmm ... seruuu banget! Andai setiap Jumat waktu pengembangan diri diadakan kegiatan seperti tadi pagi pasti menyenangkan. Kelas 7, 8, dan 9 bisa berkumpul bersama," ucapnya senang. 

Pesan dari kegiatan ini adalah semoga setiap tahun selalu diadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMPN 2 Gurah agar kita diberi syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Sedangkan kesannya, dari kegiatan ini kita bisa menjalankan ukhuwah islamiyah. Tema yang diambil dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini adalah "Menebar Kebaikan untuk Meraih Kemuliaan.

Melengkapi rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Paspraguneda tahun ini juga dilaksanakan kegiatan bhakti ke masyarakat sekitar dengan pembagian sembako. Sembako tersebut merupakan bantuan dari seluruh siswa dan guru. Siswa kelas 7 membawa 1 kg beras. Siswa kelas 8 membawa gula setengah kg. Siswa kelas 9 membawa minyak goreng kemasan setengah liter. Sedangkan bapak/ibu guru membantu mie instant.

Yang lebih istimewa dari kegiatan ini adalah tempat pelaksanaannya di halaman sekolah. Meskipun di halaman sekolah tetapi tidak menggunakan terop sebab halaman sekolah penuh dengan pohon yang rindang dan senantiasa bersih karena anggota Paspraguneda telah terbiasa mengambil daun-daun yang gugur untuk kemudian dikumpulkan dan dijadikan kompos. Paspraguneda memang biasa-biasa saja, tapi Bisa!

Penulis Berita: Nadziva Anggraeny (Penggalang Rakit, Kelas 8B)
Foto-foto: Tim Jurnalis Paspraguneda

FOTO-FOTO PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 
TAHUN 2018

Ustadz Hemanto bersama Ade (Ketua OSIS)

Peserta mengikuti ceramah dengan antusias

Meski berdesak-desakan tetap sejuk di bawah ringanya pepohonan

Peserta putra dan putri terpisah

Antusiasme peserta mengikuti kegiatan

Dinda Thalia Salsabila, MC kegiatan ini

Wooww, jamaahnya banyak sekali!

Makan bersama, dari bekal sendiri

Nikmatnya kebersamaan bersama teman sekelas

Jangan lupa berdoa sebelum makan

Berbagi juga boleh lho ya

Peserta Lomba Sholawat Musik Kreatif menunggu giliran tampil

In Action Lomba Sholawat Musik Kreatif

Persiapan tampil

Semangat ya sholawatnya

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Lomba Kaligrafi

Pembukaan acara dengan bacaan Al-Fatihah

Sambutan Bu Wahyu Widyaningsih

Penampilan Rebana "Laskar Paspraguneda"

Sejuka kan tempantnya meski di halaman

Ustadz Hermanto bersam santri-santrinya

Pesertanya sampai jauh di belakang

Tes hafalan surat An-Naba', alhamdulillah bisa

Ustadz Bahron Abidin, MC Lomba Sholawat

Crew Paspraguneda

Crew Paspraguneda

Jurnalis juga boleh narsis

Semangaaatttt

Tim Kesehatan Paspraguneda

Yang di balik layar juga perlu mendapat apresiasi

Alhamdulillah acara usai, background siap dibongkar

Kebersamaan ini semoga selamanya

Rebana Laskar Paspraguneda in action

Kak Wahyudi menyampaikan arahan sebelum kegiatan

Adik Galang Rakit Nur Fitria membacakan ayat suci Al-Qur;an

Serius ya he he ..

Vokalis kita

Penampilan Lomba Sholawat Musik Kreatif

Penampilan Lomba Sholawat Musik Kreatif

Penampilan Lomba Sholawat Musik Kreatif

Penampilan Lomba Sholawat Musik Kreatif

Tim UKS kita

Kak Wahyudi bersama Tim Jurnalis Paspraguneda

Kak Wahyudi bersama Tim Kesehatan Paspraguneda

Hemmm .. kecil-kecil cabei rawit, Fatur kandidat Pramuka Garuda

Persiapan kegiatan

Rebana Laskar Paspraguneda

Rebana kita disaksikan oleh Ustadz Hermanto dan santrinya

Meriah bukan kegiatannya

Adetyano memisahkan peserta putra dan putri

Ustadz Hermanto menyampaikan tausiahnya

1 komentar:

  1. Waaah, ramai banget yha. Semoga ditahun depan dan seterusnya PASPRAGUNEDA dan seluruh Warga UPTD SMPN 2 gurah bisa ikut memperingati maulid Nabi Muhammad SAW tersebut
    Aamiin

    BalasHapus