PELANTIKAN PENGGALANG GARUDA PASPRAGUNEDA

Jumat, 25 Oktober 2019
Pagi ini agak berbeda dari hari biasanya. Karena pada pagi ini akan tercatat sejarah baru bagi Paspraguneda. Sejarah tersebut ditorehkan oleh 10 (sepuluh) penggalang terbaik yang berhasil menempuh Pramuka Garuda. Sungguh, prestasi yang membanggakan!


Melalui latihan yang sungguh-sungguh dan proses penempuhan SKU serta SKK yang terpogram dengan baik akhirnya membuahkan hasil yang luar biasa. Bukan merupakan suatu yang mudah untuk meraih Pramuka Garuda. Namun keteguhan hati dan kesungguhan dari adik-adik akhirnya mereka mampu menunjukkan bahwa mereka layak untuk dilantik menjadi Penggalang Garuda.

Upacara pelantikan Pramuka Penggalang Garuda dipimpin secara langsung oleh Ka Mabigus, yaitu Kak Suzana Kuncahyanie R., S.Pd., M.Pd. Dihadiri juga oleh Ka Kwarran Gurah beserta jajarannya. Hadir juga wali murid dari 10 (sepuluh) penggalang yang dilantik. Serta disaksikan oleh seluruh siswa UPTD SMP Negeri 2 Gurah.

Rangkaian upacara pelantikan dilalui satu per satu. Diawali dengan laporan dan penghormatan dari pemimpin upacara kepada pembina upacara. Dilanjutkan dengan pembacaan SK Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kediri yang dibacakan oleh Kak Wahyudi, M.Pd.I. selaku Pembina Gugusdepan. Selesai pembacaan SK dilanjutkan dengan tanya jawab antara pembina upacara dengan calon Penggalang Garuda tentang kesanggupan dan tindak lanjut setelah dilantik menjadi Penggalang Garuda. Selanjutnya pembina upacara meminta kepada calon Penggalang Garuda untuk berdoa.

Bendera merah putih memasuki lapangan. Penghormatan kepada bendera merah putih dipimpin oleh pemimpin upacara. Pembina upacara meminta penggalang yang akan dilantik untuk memegang ujung bendera merah putih dan meletakkan di dada sebelah kiri tepat di bagian jantung. Selanjutnya adik-adik mengucapkan Janji Tri Satya. Selesai pengucapan janji, dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Pramuka Penggalang Garuda yang diserahkan secara langsung oleh pembina upacara. Sedangkan pengalungan tanda Penggalang Garuda dilakukan oleh masing-masing wali murid dari adik-adik yang dilantik.

"Tidak menyangka, Kak. Rasanya masih seperti mimpi," kata Risa, salah satu penggalang yang dilantik garuda. Bagi Risa mampu meraih penghargaan sebagai Pramuka Penggalang Garuda adalah suatu prestasi yang luar biasa. Bahkan dia tidak menyangka jika akhirnya bisa dilantik hari ini.

"Terima kasih kepada kakak-kakak pembina di sini. Saya bangga, bangga anak saya bisa meraih penghargaan ini," masih dengan mata berkaca-kaca ayahanda Hafiz menyalami dan merangkul Kak Wahyudi sebagai ungkapan terima kasih.

"Kami dari pengurus Kwarran Gurah menyampaikan ucapan selamat kepada adik-adik yang baru dilantik. Semoga semakin menambah semangat latihan dan mempu memotivasi tidak hanya teman-temannya di pangkalan saja tetapi juga penggalang-penggalang di wilayah Kwartir Ranting Gurah," kata Kak Imam Nawawi, Ka Kwarran Gurah.

Nama-nama yang dilantik menjadi Penggalang Garuda:

  1. Moh. Hafiz Karimullah
  2. Adetyano Hafa
  3. Mohammad Andriyan
  4. Mohammad Dimas
  5. Moh. Miftahul Ulum
  6. Yani Kusuma Dewi
  7. Lisa Fakhrotul Nisa
  8. Dinda Thalia Salsabila
  9. Reksatia Angista Gusti
  10. Salsabila Pribowati


Selamat ya kepada adik-adik yang baru dilantik Garuda. Sebarkan semangatmu!











































































1 komentar: