MEMBUAT VIDEO TUTORIAL TALI TEMALI

Selasa, 27 Nopember 2018
Salam Pramuka!
Adik-adik pasti sudah tahu kan tentang tali temali. Tentunya sudah tidak asing lagi. Karena hampir di setiap kegiatan Pramuka selalu identik dengan tali temali. Kakak yakin adik-adik juga sudah mampu membuat simpul dan ikatan. Tidak perlu bingung ya. Apa sebenarnya perbedaan tali, simpul, dan ikatan?


Perbedaannya adalah, kalau tali itu adalah bendanya. Yaitu talinya itu sendiri. Simpul adalah hubungan tali dengan tali, bisa satu tali dengan tali yang lain maupun dengan tali itu sendiri. Ikatan adalah hubungan antara tali dengan benda lain seperti tongkat, bambu, balok, dan lain-lain.

Sedangkan tali temali salah satu seni atau ketrampilan menyambung tali dengan menggunakan simpul-simpul sehingga membentuk suatu alat atau benda lain yang bermanfaat, misalnya tandu, terdiri dari dua buah tongkat dengan besar dan panjang yang sama, beberapa tali kemudian diikat menggunakan simpul jangkar dan simpul pangkal.

Tali yang biasa digunakan kegiatan pramuka berbahan benang rayon, marlon, maupun polyester. Benang tersebut kemudian dipilin dengan spesifikasi tertentu. Untuk latihan rutin biasanya menggunakan tali dengan diameter 5 mm dan panjang tali 5 m atau 10 m. Jika digunakan untuk mendirikan tenda biasanya menggunakan tali dengan panjang 10 m.

Macam-macam simpul sudah tahu kan? Banyak sekali macam-macam simpul diantaranya simpul pangkal, simpul jangkar, simpul anyam, simpul anyam berganda, simpul mati, simpul hidup, simpul penarik, simpul erat, simpul ujung tali, simpul laso, simpul tiang, simpul kursi, simpul tambat, dan lain sebagainya.

Ikatan juga ada beberapa macam diantaranya ikatan kaki tiga, ikatan silang, ikatan silang, ikatan sambung tongkat, dan ikatan canggah.

Sudah pernah mempraktikkan semua jenis simpul dan ikatan tersebut? Jika sudah maka saatnya adik-adik berbagi pengalaman dengan teman-teman yang lain dengan cara membuat video tutorial tali temali. Bagaimana cara membuat video tutorial tali temali?

Langkah-langkah membuat video tutorial tali temali adalah sebagai berikut:
  1. Putuskan dulu mau membuat video tentang simpul apa, contoh simpul pangkal.
  2. Latihan dulu biar lancar membuatnya sambil mempraktikkan dan menjelaskan.
  3. Mulai membuat rekaman dengan bantuan teman yang merekam sedangkan adik-adik menjelaskan sambil mempraktikkan membuat simpul pangkal.
  4. Jangan lupa perkenalkan siapa nama adik-adik dan akan membuat tutorial simpul apa.
  5. Edit biar hasil video sesuai dengan keinginan.
  6. Selesai.
Sangat mudah bukan? 
Aplikasi apa yang dibutuhkan? Jika adik-adik menggunakan hp android maka ada beberapa aplikasi yang bisa adik-adik gunakan. Cari yang gratis saja ya he he. Berikut beberapa aplikasi edit video yang dapat digunakan di hp android:
  1. Adobe Premiere Clip yang hadir di Android menawarkan fitur editing otomatis dari galeri foto maupun video yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengedit secara manual dengan menyisipkan berbagai alat, efek, dan musik yang tersedia. Tentu aplikasi ini cukup ringan dan mudah kamu gunakan apalagi hanya untuk urusan sosial media. 
  2. FilmoraGo merupakan salah satu aplikasi editing video yang dikembangkan oleh Wondershare. Selain edit dasar, kamu juga bisa memilih editing pada rasio 1:1 untuk Instagram atau rasio 16:9 untuk YouTube misalnya. Walau ada beberapa opsi berbayar, FilmoraGo tetap nyaman digunakan pada versi gratis.
  3. KineMaster merupakan aplikasi editing video populer di Android. Selain fitur standar yang bisa kamu gunakan, buat kamu yang suka buat video gaming ada juga fitur chroma key untuk video green screen. Tersedia dalam versi gratis, KineMaster sudah cukup untuk kebutuhan edit video di sosial media kok.
  4. PowerDirector sangat cocok buat kamu yang butuh aplikasi editing video profesional secara mobile. User interface yang dihadirkan PowerDirector pun cukup umum dengan fitur editing menggunakan konsep timeline. Kamu pun dapat dengan mudah menyisipkan video, efek, stiker, bahkan 2 timeline audio sekalipun. Aplikasi ini pun sudah banyak direkomendasikan oleh para vlogger dan YouTuber yang menggunakan smartphone sebagai sarana merekamnnya. Cocok buat kamu yang masih merintis karir nih!
  5. Quik. Quik menawarkan kecepatan sebagai fitur andalannya. Kamu bisa menambahkan hingga 50 foto dan video, Quik secara otomatis mengedit menjadi video pendek. Bukan cuma itu saja. Quik juga menghadirkan lebih dari 20 filter yang dapat kamu gunakan saat melakukan proses editing hingga membuat video kamu makin ciamik.
Nah, adik-adik bisa memilih salah satu dari lima aplikasi tersebut. Pilih yang menurut adik-adik paling mudah dan paling praktis digunakan. Berikut kakak coba share salah satu cara edit video dengan menggunakan Power Director di Ponsel Android:
  • Silakan install dari Play Store aplikasi Power Director. Aplikasi ini gratis, namun versi gratis tidak bisa render Full HD serta ada watermarknya. 
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Setelah masuk ke aplikasi, akan ada pilihan membuat file baru. Silakan pilih “OK”
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Kemudian muncul halaman untuk menambahkan video, gambar dan lagu. Untuk menambahkan video langsung dari kamera silakan pilih “Video Capture”.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Untuk memasukkan video ke timeline silakan klik tanda + di klip video yang diinginkan.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Untuk memberi efek transisi antar klip silakan tekan icon diantara 2 klip tersebut.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Tersedia beragam efek transisi.Kalau yang standart bisa memakai efek “Fade”.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Ini adalah halaman utama editing. Disebelah kiri ada icon untuk menambahkan video/lagu, menambahkan teks/gambar/stiker, serta efek video.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Untuk trim video silakan tekan klip yang diinginkan, kemudian geser ke kanan atau kiri. Bisa juga memakai tool yang ada disebelah kiri untuk memotong klip, delete, crop, flip, speed, rotate, color adjustment, duplicate, volume audio, dll.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Jika sudah selesai maka bisa dirender melalui menu di kanan atas – “Produce Video” – “Save To Gallery”.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
  • Tinggal tunggu proses renderingnya selesai. Lama proses tergantung berapa panjang durasi video, efek dan hardware ponsel Anda.
Edit Video dengan Power Director di Ponsel Android
Untuk editing sederhana, aplikasi ini sudah cukup bagus. Selamat berkarya! Paspraguneda, biasa-biasa saja tapi, Bisa!

4 komentar:

  1. selamat berkarya, sukses untuk adik-adik yang selalu kreatif ..

    BalasHapus
  2. Bismillah sehabis pulang lomba buat vidio kak wah

    BalasHapus
  3. terima kasih kepada adik-adik yang telah mengirimkan video tutorialnya, bagi yang bellum ditunggu ya, video yang baik akan kakak upload di blog ini sekaligus di upload di channel youtube pramuka guneda ..

    BalasHapus
  4. terima kasih kakak sampaikan kepada adik-adik atas kreatifitasnya membuat video tutorial tentang tali temali. alhamdulillah karya adik-adik sebagian sudah kakak upload di blog ini. silakan adik-adik buka halaman VIDEO untuk melihat video hasil karya adik-adik. kakak tunggu karya adik-adik yang lainnya, paspraguneda bisa!

    BalasHapus