ECOBRIK, UBAH SAMPAH BOTOL JADI TAMAN

Jumat, 16 Oktober 2020

Botol bekas air mineral terkadang menjadi masalah tersendiri karena sulit terurai. Demikian juga dengan sampah plastik. Kakak pembina Paspraguneda memanfaatkan botol dan plastik menjadi ecobrik.

Adik-adik tahu tidak, apa ecobrik itu?

“Eco” dan “brick” artinya bata ramah lingkungan. Disebut “bata” karena ia dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan. Maka dari itu ecobrick biasa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furniture. Ecobrick adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. Eko-batu bata ini adalah teknologi berbasis kolaborasi yang menyediakan solusi limbah padat tanpa biaya untuk individu, rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Juga dikenal sebagai Bottle Brick atau Ecoladrillo. Solusi limbah lokal ini mulai disebut Ecobrick oleh gerakan masyarakat yang berkembang di seluruh dunia. (zerowaste.id)

Di pangkalan Paspraguneda sebenarnya sudah tidak banyak sampah dari botol bekas air mineral. Akan tetapi jika ada kegiatan besar maka tamu dari luar pangkalan atau panitia pasti membawa dan menyediakan minuman mineral tersebut. Sudah barang tentu akan menjadi masalah bagi lingkungan.

Itulah yang menjadi pemikiran Kak Kiptiyah dan Kak Ety. Di sela-sela kesibukan latihan online beliau masih sempat untuk memanfaatkan botol dan sampah plastik yang ada di sekolah untuk diubah menjadi ecobrik.

"Pramuka harus jadi teladan dalam kegiatan ramah lingkungan. Yang dipandang orang lain sampah, di tangan anggota Pramuka akan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Contohnya ya ini. Sampah botol dan plastik bisa menjadi hiasan taman. Keren kan?" kata Kak Ety bangga sambil menunjukkan ecobrik karyanya.

"Adik-adik bisa mencobanya di rumah, ya. Jika kesulitan bisa menghubungi Kak Ety atau kakak-kakak pembina yang lain," ujar Kak Ety.

"Selain jadi ecobrik, kalian juga bisa memanfaatkan botol air mineral menjadi pot bunga yang cantik, lho," Kak Budi Nawantara tidak mau kalah berkomentar.

Itulah sekelumit kegiatan kakak-kakak pembina Paspraguneda. Adik-adik tentu tidak mau kalah kan dengan semangat beliau? Yuuuk, kita jaga lingkungan agar terbebas dari sampah plastik dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi ecobrik. 

Ingin tahu caranya? Ikuti video tutorial berikut ya!


Selamat mencoba ya adik-adik!