PENGHIJAUAN DAN BERSIH LINGKUNGAN DI DESA TURUS

Jumat, 18 September 2020

Bersama KaMabigus seluruh kakak pembina Paspraguneda melaksanakan kegiatan penghijauan dan bersih lingkungan di Desa Turus dan sekitarnya. Sejumlah 42 personil secara serentak melaksanakan bakti sosial.

Diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung oleh Kak Suzana Kuncahyanie (Kamabigus/Kepala UPTD SMP N 2 Gurah), seluruh kakak pembina Paspraguneda melaksanakan kegiatan bakti sosial dan penghijauan. Kegiatan bakti sosial dan penghijauan ini dilaksanakan di Desa Turus dan sekitarnya.

"Kakak-kakak, kalau adik-adiknya diberi tugas menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing, maka kakak-kakak juga harus memberi contoh nyata dengan ikut serta menjaga kebersihan sekolah dan lingkungan di sekitar sekolah. Dalam hal ini adalah Desa Turus dan sekitarnya," sambutan Kak Suzana dalam apel pagi.

"Kegiatan pagi ini akan kita fokuskan di Balai Desa Turus, sungai Desa Turus, dan lahan kosong yang ada di depan Balai Desa Turus. Kita akan melaksanakan kegiatan membersihkan sungai dan penanaman pohon di sekitar sungai. Sekaligus membersihkan lingkungan Balai Desa Turus," Kak Suzana menjelaskan giat yang akan dilaksanakan.

Seusai apel, dilanjutkan dengan pembagian kelompok kerja. Kakak pembina dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok 1 bertugas membersihkan lingkungan sekitar Balai Desa Turus. Kelompok 2 melaksanakan kegiatan membersihkan sungai. Sedangkan kelompok 3 dipimpin langsung oleh Kamabigus bertugas melakukan penghijauan di sekitar sungai.

Semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh seluruh peserta bakti sosial. Mereka bergegas menuju ke tempat tugas maisng-masing dengan membawa perlengkapan yang telah disiapkan sebelumnya. 

Kelompok 1 setelah mendapat ijin dari Bapak Kepala Desa langsung membersihkan lingkungan di sekitar Balai Desa. Bapak Kades merasa bangga dan terharu dengan semangat kakak-kakak pembina Paspraguneda. Beliau mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh pangkalan UPTD SMP N 2 Gurah.

"Terima kasih kakak-kakak. Kegiatan kakak-kakak ini merupakan bukti nyata bahwa Gerakan Pramuka tidak hanya bisa tepuk dan bernyanyi saja. Tapi juga kerja nyata di masyarakat. Paspraguneda memang luar biasa. Sampai-sampai Kak Suzana terjun langsung mendampingi kakak-kakak sekalian. Ini luar biasa. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih," demikian ucapan rasa terima kasih yang disampaikan oleh Bapak Kades Turus.

Bersama dengan kelompok 2, Kak Suzana juga menuju ke bantaran sungai untuk melaksanakan penghijauan. Beberapa tanaman ditanam di bantaran sungai. Ada pohon jambu air, pohon kelapa, dan beberapa pohon lainnya.

"Ya, kita jangan hanya bisa menyuruh adik-adik saja. Tapi harus memberikan contoh juga. Kegiatan seperti ini bisa kita agendakan setiap bulan sekali. Saya selalu mendukung kegiatan yang positif seperti ini," ungkap Kak Suzana setelah menanam pohon jambu air.

Yang tidak kalah heboh adalah kakak-kakak kelompok 3 yang bertugas membersihkan sungai. Kakak-kakak ini tidak segan untuk masuk ke air dan membersihkan sungai. Bahkan ada menemukan buah nangka yang masak di pohon.

"Alhamdulillah dapat rezeki!" teriak Kak Ety ketika menemukan buah nangka yang masak di pohon tersebut. Dan tentu disambut gelak tawa oleh kakak pembina yang lain.

"Sering-sering saja melakukan kegiatan seperti ini. Siapa tahu dapat rejeki lainnya," imbuh Kak Ety.

Tetap semangat kakak-kakak yang hebat. Kami akan mengikuti jejak langkahmu.


Foto-foto kegiatan bakti sosial dan bersih lingkungan