JUMAT BERSIH DAN PENGHIJAUAN TAMAN SEKOLAH

Jumat, 11 September 2020

Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan meski di masa pandemi covid-19. Begitu pula dengan kakak-kakak pembina pramuka Paspraguneda. Setiap hari Jumat kakak-kakak pembina senantiasa melaksanakan kegiatan Jumat Bersih.

Tidak ada kata libur untuk kegiatan ekstrakurikuler Kepramukaan. Peserta didik dan kakak pembina memiliki beragam aktivitas dalam mengisi kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Ekstrakurikuler Kepramukaan tetap dilaksanakan seperti biasa. Baik melalui media WA Group, Classroom, maupun Blog Paspraguneda.

Kegiatan peserta didik berupa penugasan, sedangkan kegiatan kakak pembina berupa giat Jumat Bersih yang dilanjutkan dengan penghijaun taman. Penugasan kepada peserta didik lebih ditekankan kepada kegiatan rutinitas sehari-hari seperti membersihkan rumah, kamar pribadi, membantu orang tua, dll. Selain kegiatan rutinitas sehari-hari mereka juga diberi tugas terkait dengan kebersihan lingkungan sekitar.

Sedangkan untuk kakak pembina, kegiatan rutinitasnya ada memberi tugas dan menilai hasil tugas yang dikirim peserta didik melalui WA Group maupun Classroom. Selain itu, kakak pembina juga bergiat di sekolah. Setiap pagi sebelum mengawali kegiatan BDR, kakak pembina selalu membiasakan diri membersihkan lingkungan sekolah. Untuk wali kelas membersihkan sekitar kelas masing-masing. Sedangkan yang bukan wali kelas membersihkan tempat-tempat umum yang ada di sekolah.

"Libur? Pramuka tidak ada libur. Tetap bergiat meskipun dari rumah," begitu tutur Kak Kiptiyah ketika ditanya oleh Tim Jurnalis Paspraguneda.

"Adik-adik tetap diberi tugas. Tugas yang rutin adalah membersihkan halaman rumah dan kamar masing-masing. Mereka setiap hari harus mengirimkan foto kondisi halaman rumah sebelum dan sesudah dibersihkan," urai Kak Kiptiyah.

Setali dua uang dengan Kak Kiptiyah, Kak Wahyudi juga menyampaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler tetap dilaksanakan. Kegiatan peserta didik dari rumah selalu dipantau dengan ketat. Bahkan untuk adik-adik yang belum mengirimkan tugas harian akan diingatkan.


Foto-foto Kegiatan Jumat Bersih dan 

Penghijauan di lingkungan sekolah: